Sate Virgin

Loading...

Monday, July 20, 2009

Pisang Ijo Rose Jajanan Jelang Buka Puasa yang Diwaralabakan

JAJANAN TRADISIONAL PILIHAN BERBUKA PUASA
WARALABA PISANG IJO DI BEKASI SEMAKIN MARAK

Bekasi, dobeldobel.com - kelanakuliner.com
Menjelang bulan puasa, maka bisa dipastikan muncul dan menjamurnya usaha jajanan pembuka yang kian digemari dan dicari. Wilayah Bekasi baik kota maupun kabupaten, khususnya komplek perumahan pastinya akan diramaikan oleh lapak-lapak atau gerai sederhana yang menjajakan penganan jajanan manis dan murah meriah serta cepat untuk berbuka.

Biasanya jajanan yang memang menjamur di bulan puasa itu akan berlanjut menjadi usaha kuliner jajanan yang menjanjikan dan kian banyak digeluti oleh banyak orang, karena modal usahanya yang relatif murah dan proses produksinya yang tidak njelimet.

Melihat peluang pasar inilah, pasangan suami istri, Noko dan Veronica, pengusaha roti dan kue Rose yang membuka tokonya di bilangan ruko Taman Galaxi, mulai membangun usaha bermodal minim dengan sistem waralaba. Pilihan jenis produk makanan Pisang Ijo, dikarenakan momentumnya yang menjelang bualan puasa dan produksi yang bisa dilakukan secara massal dan bersamaan dengan usaha yang sudah berjalan.

Menurut Veronica sendiri, mereka mampu menyediakan seberapa banyak Pisang Ijo yang akan dibutuhkan para pemegang waralaba (franchisee). Tinggal masalahnya adalah di pendistribusian dan pelayanan saat usaha ini dimulai. Bila kualitas produk sudah teruji dan memang memempunyai rasa yang sesuai dengan selera pasar menjadi syarat utama, namun jangan dilupakan pula pelayanan kepada pelanggan agar produknya bisa sampai ke pelanggan dalam keadaan kualitas terjaga.

Noko, sang suami juga menambahkan bahwa usaha jajanan Pisang Ijo ini pada mulanya hanya mempunyai satu jenis produk dasar andalan, yakni Es Pisang Ijo dan bubur sumsum. Karena umumnya pembeli dan pelanggan yang menkonsumsinya untuk penganan berbuka puasa. Adapun derivasi dan kombinasi yang sesuai dengan permintaaan pelanggan, maka dicoba pula Es Pisang Ijo dengan Vla. Tidak seperti kebanyakan Es Pisang Ijo yang ada di daerah lain, taruhlah di bandung ada tempat Es Pisang Ijo yang menawarkan Pisang Ijo dengan bahan pembungkus yang dibuat dari tepung beras. Pisang Ijo olahan mereka itu sangat mudah basi di samping rasanya yang jauh bila dibandingkan Pisang Ijo buatan Rose, karena dibuat dari kulit pembungkus tepung beras ketan. Jadi rasanya tentu lebih gurih dan legit, ujar sang lelaki pengusaha ini meyakinkan.

Pisang Ijo Rose adalah jajanan tradisional siap saji yang dikreasikan dengan kualitas dan cita rasa tinggi oleh Rose bakery dan dikhususkan untuk waralaba. Es Pisang Ijo adalaha jajanan minuman dingin campuran es batu dan Pisang Ijo yang dicampur dengan bubur sumsum atau vla dan bisa ditambah topping sesuai selera. Pisang Ijo Rose dibuat dari pisang pilihan dan dibungkus dengan tepung ketan yang diberiwarna hijau daun pandan.

Es Pisang Ijo Rose disajikan dalam beberapa variasi seperti vla, sirup dan susu kental manis dan bisa diberi topping seperti messis atau parutan keju. Kemudian variasi lainnya es Pisang Ijo dengan bubur sumsum, sirup dan susu kental manis. Variasi Es Pisang Ijo yang terakhir dan mulai digemari para penikmat jajanan manis dingin ini adalah Es Pisang Ijo dengan bubur sumsum, kacang merah, sirup dan susu kental manis.

Namun karena kacang merah yang lebih cepat basi, akhirnya variasi ini diganti dengan ketan hitam. Dan ternyata para pelanggan menerima. Dan tentunya kesemua sajian itu akan terasa segar dengan es parut.

Waralaba Pisang Ijo Rose
Usaha makanan khususnya jajanan tradisional adalah jenis usaha yang hanya membutuhkan modal usaha relatif kecil, resiko minimal tapi dengan hasil cukup menjanjikan dan pasti serta tahan terhadap krisis ekonomi.

Waralaba Pisang Ijo Rose bisa jadi pilihan tepat bagi Anda untuk usaha wiraswasta dengan modal terjangkau.

Lalu apa yang menarik dan berbeda dari warlaba (franchise) PISANG IJO Rose?
- Jajanan dengan cita rasa dan kualitas tinggi
- Dapat dinikmati oleh semua kalangan konsumen tanpa batas usia.
- Harga jual yang terjangkau, hanya Rp. 5.000,- per porsi
- Mudah penyajiannya tanpa peru prose pengolahan rumit
- Jajanan setiap waktu dan tanpa mengenal musim
- Didukung oleh nama dagang Rose, sebuah usaha bakery yang didukung program promosi berkesinambungan.

Peluang dan keuntungan dari waralaba (franchise) PISANG IJO Rose adalah:
- Modal terjangkau dan cepat kembali dengan hasil yang menjanjikan dan pasti.
- Usaha dan keuntungan 100% milik sendiri
- Tanpa dikenakan biaya royalty
- Biaya waralaba sudah termasuk gerai (gerobak modern) dan peralatan yang menjadi milik pribadi
- Hanya memerlukan tempat usaha yang kecil di tempat strategis
- Pasar terbuka yang sangat luas.
- Usaha sepanjang waktu serta supplai produk dijamin lancar.
- Bila dijalankan sendiri atau cukup oleh 1 (satu) orang karyawan.

Macam-macam Program Waralaba/Franchise PISANG IJO Rose
- * Program personal perorangan
- * Program "Member Get Member"

Program Personal Perorangan Rp. 5.000.000,- / paket (Lima Juta Rupiah)
Mencakup biaya-biaya:
1. Bebas biaya kemitraan untuk 5 (lima) tahun pertama.
2. 1 counter/gerai penjualan cantik yang menjadi milik franchisee
3. Perlengkapan & peralatan yang menjadi milik franchisee, terdiri dari:
-- 3.1. Tempat Pisang Ijo = 1 pc
-- 3.2. Tempat Vla, bubur Sumsum dan Ketan Hitam = 4 pcs
-- 3.3. Sendok Vla, bubur sumsum dan ketan hitam = 4 pcs
-- 3.4. Tempat Topping Messe & keju = 2 pcs
-- 3.5. Sendok topping messes = 1 pc
-- 3.6. Parutan keju = 1 pc
-- 3.7. Tempat sirup = 1 pc
-- 3.8. Mangkuk = 6 pcs
-- 3.9. Sendok makan = 6 pcs
-- 3.10.Termos es = 1 pc
-- 3.11. Parutan es = 1 pc
-- 3.12. Jepitan Pisang Ijo = 1 pc
-- 3.13. Tempat sendok = 1 pc
-- 3.14. Pisau = 1 pc
-- 3.15. Talenan = 1 pc
-- 3.16. Lap serap air = 1 pc
-- 3.17. Lap kain = 3 pc
-- 3.18. Tempat tissue = 1 pc
-- 3.19. Ember plastik = 2 pcs
-- 3.20. Kursi plastik = 5 pc
-- 3.21. Seragam/T-shirt petugas gerai = 2 pcs
-- 3.22. Tempat sampah = 1 pc
-- 3.23. Standing banner = 1 pc
-- 3.24. Paket Pisang Ijo perdana = 25 pcs + Vla, Bubur Sumsum dan Ketan Hitam

* Minimal order Pisang Ijo 25 pcs termasuk Vla, Bubur Sumsum dan Ketan hitam @ 2.500,- + Ongkos kirim Rp. 2.500,- (dibayar kontan waktu barang diterima)
* Biaya pembaruan kemitraan waralaba Rp. 1.500.000,- per 5 tahun
* Yang disiapkan sendiri oleh franchisee = Sirop Cocopandan, Messes, keju dan Es batu

SIMULASI R.O.I. (return of invesment) Tingkat Pengembalian Modal
Waralaba/Franchise PISANG IJO Rose

A. Penjualan minimal per hari 50 buah Pisang Ijo = 50x@Rp. 5.000,- = Rp. 250.000,-
B. Penghitungan LABA
-- Laba Kotor per hari : 50 buah x Rp. 2.500,- = Rp. 125.000,-
C. Biaya per hari:
----- Honor 1 (satu) karyawan penjaga gerai : Rp. 25.000,-
----- Biaya sewa lokasi/hari : Rp. 10.000,-
----- Biaya tambahan seperti sirop, es batu, gelas plastik, sendok plastik dan tas kresek: Rp. 15.000,-

-- Maka total biaya per hari Rp. 50.000,-

D. LABA BERSIH per hari = (B) - (C) = Rp. (125.000,- - 50.000,-) = Rp. 75.000,-
E. Laba Bersih per bulan (30 hari) = 30 x Rp. 75.000,- = Rp. 2.250.000,-

maka R.O.I. (Return of investment) = Biaya Investasi Waralaba/Franchise : Laba bersih per bulan = Rp. 5.000.000,- : 2.250.000,- = 2,2 bulan atau setidaknya 3 bulan.

*) Biaya tambahan untuk topping keju dan messes tidak dimasukkan dalam perhitungan laba karena sudah termasuk dicover oleh penambahan harga jual + Rp. 1.000,- setiap penambahan topping tersebut.

MAU BUKA USAHA WARALABA PISANG IJO?
Hubungi
Dik Rizal untuk wilayah di luar Bekasi (Jabodeta)
Telp. (021) 9346.1965
Veronica untuk wilayah Bekasi

--------------------------------------------------------------------------------------------
Resep Pisang Ijo Ketan
Bahan-Bahan :

  • 40 gr tepung beras ketan
  • 1/2 sendok teh garam
  • 300 ml air
  • 100 ml air daun suji
  • 3 tetes pewarna hijau atau pasta pandan
  • 175 gr tepung beras ketan
  • 5 buah pisang raja yang tua
  • es serut
  • sirup merah (cocopandan)

Bahan Saus:
  • 650 ml santan
  • 50 gr tepung terigu
  • 75 gr gula pasir
  • 1 lbr daun pandan
  • 1/4 sendok teh garam

Cara Mengolah :
  • Aduk tepung beras ketan, garam, air, air daun suji, pewarna hijau lalu rebus sambil diaduk sampai mendidih, angkat.
  • Tambahkan tepung beras, aduk rata lalu aduk lagi sampai kalis (tidak lengket). Tipiskan adonan, balutkan pada pisang hingga tertutup.
  • Kukus pisang selama 20 menit. Angkat dan sisihkan.
  • Rebus bahan saus sampai mendidih, angkat lalu dinginkan.
  • Potong-potong pisang hijau, tuangkan saus, es serut, dan sirup merah. (disarikan dari beberapa sumber)

--------------------------------------------------------------------------------------------
Tulisan terkait dengan Waralaba Pisang Ijo (Rahmat Saepulloh/ dtc)
MARAKNYA WARALABA PISANG IJO
Kenalkah anda dengan pisang ijo? Yup, makanan khas Makassar ini kini menjadi pemandangan tak asing karena sepertinya tersebar di setiap sudut Kota Bandung. Entah itu di Jalan Dipatiukur, Jalan Antapani, Jalan Ciumbuleuit, Jalan Ambon, atau di Jalan Ternate.
Jangan heran, roda-roda penjual pisang ijo ini semuanya sama termasuk namnya yaitu Pisang Ijo Ala’din. Menu dan rasapun sudah bisa ditebak pasti tidak akan jauh beda meski pemiliknya berbeda-beda.
Seperti pisang ijo di Jalan Ternate yang dimiliki tiga orang mahasiswa yaitu Galih dan Aulia dari Unpad, serta Nita dari Unisba. Menurut Galih, usaha pisang ijo ini adalah franchise atau usaha waralaba. Sehingga kita tidak akan menemukan di man pusatnya karena memang hanya tersebar di roda-roda.
Galih yang baru menjalani usaha warlaba pisang ijo ini selama empat bulan mengaku kalau dirinya adalah franchise yang ke-44 di Bandung. Itupun tercatat saat September lalu, kalau sekarang mungkin sudah mencapai angka 50.
Gimana ya ceritanya mereka bisa tertarik usaha franchise pisang ijo ini?
“Pisang ijo kan sekarang sedang menjamur di Bandung. Jadi saya dan teman-teman coba-coba buka usaha,” tutur Galih. Sebelumya, mahasiswa semester 8 ini mengenal usaha pisang ijo dari kawannya yang sudah berjualan lebih dulu.
Galih pun tertarik dan bersama teman-temannya menginvestasikan sejumlah uang untuk memulai usaha pisang ijo. Bermodalkan Rp 4,5 juta Galih sudah bisa menjalankan usaha ini dan terima beres dari mulai roda berjualan sampai seluruh menu makanan.
Walaupun diakui Galih omzet yang dihasilkan sampai saat ini belum bisa mengembalikan modal karena Galih pun harus membayar biaya sewa tempat. Tapi Galih optimis, lokasi di Jalan Ternate yang cukup strategis karena dekat dengan kawasan Fo dan distro di Jalan Martadinata akan membuat usahanya berjalan dengan lancar.

10 comments:

Epucurean Indonesia said...

Minuman paling terkenal di Makassar, Pisang Ijo. Kami berkesempatan pergi ke Bravo di Jalan Andalas yg jadi andalan artis2 ibu kota. Beneran lho banyak foto2 artis yg pernah dateng ke situ, dari Arie Wibowo sampe Mischa Chandrawinata.

Ini pisang yg diselimutin sama tepung beras dikasi warna ijo, dikasi saus santan dan es disiram sirup merah. Seger banget. Kalo kesengsem, pergilah ke Daeng Tata (Mamink) di situ jual Pisang Ijo yg enak. Ada juga kembarannya Es Palubutung, menurut saya sih sama2 aja cuma palubutung ngga diselimutin sama ijo2 dan bisa dimakan hangat jadi kaya kolak.

Sidik Rizal said...

Bahan :
6 buah Pisang raja besar (kukus dengan kulitnya)
150 gr Tepung beras ketan
50 gr Tepung terigu
50 gr Tepung sagu tani
Garam secukupnya
80 gr Gula pasir
200 ml Santan kara + 225 air

Sirup cocopandan
Es Serut
12 lembar daun pandan + 12 lembar daun suji, potong kecil-kecil, blender dengan 50 ml air, peras, ambil airnya

Saus :
200 ml Santan kara + 100 ml air
75 gr Gula pasir
½ sdm Tepung beras
2 lbr Daun pandan

Cara membuat :
· Campur tepung beras ketan, terigu, gula pasir, santan dan air daun suji. Kukus 15 menit. Angkat biarkan agak hangat.
·Uleni adonan sampai tercampur rata.
·Letakkan diatas plastic dan tipiskan dengan gilingan.
·Kupas pisang dan bungkus dengan adonan kulit dan bentuk seperti pisang, kukus hingga matang.
·Campur semua bahan saus, masak hingga mendidih.

Source : Kemasan Kara

Kedai esPisang Ijo said...

Kedai Es Pisang Ijo Tanjung Duren
Pisang Ijo, dulu gue sering makan Pisang Ijo di foodcourt gedung Plaza Mandiri, rasanya enak sekali. Nah ternyata di Tanjung Duren pun sekarang ada, Pisang Ijo...tempatnya cukup nyaman dan sangat bersih. Pisang Ijo, salah satu makanan dari Makasaar. Pisang yang dibungkus dengan Adonan tepung berwana hijau, kemudian disajikan dengan bubur sumsum, santan, sirup, es serut dan susu. Banyak yang suka lho dengan Es Pisang Ijo ini.

Yuk kita cobain Es Pisang Ijo di tanjung Duren ini, rasanya benar-benar enak, Pisangnya manis dan lembut, tidak keras. Santan kentalnya juga lezat. Sangat pas dengan campuran sirup dan es serutnya. Ada juga Es Pisang Ijo Kacang Merah, nah yang ini ditambah dengan kacang merah. Ini juga enak.

Cobain deh Es Pisang Ijo ini, porsinya lumayan besar...so pasti puas makannya. Apalagi kalau makannya di siang bolong...langsung ademmmm. Selamat mencoba yaaaa.. (kz)

Chaidir said...

Makanan selanjutnya adalah the legendary Es Pisang Ijo. Es pisang ijo ini juga disuguhkan menggunakan es serut. Lalu ada semacam bubur sumsum putih ditambah dengan pisang yang dibungkus dengan lapisan berwarna hijau. Lapisan ini sepertinya terbuat dari tepung. Es Pisang Ijo ini cukup nikmat, tapi sebaiknya tidak terlalu banyak makannya, karena nanti bisa eneg.

Ema Nur Arifah - detikBandung said...

Pisang ijo, agak penasaran memang mendengar nama makanan khas Makassar ini, yang konon biasanya dijadikan makanan untuk berbuka puasa. Penasaran ingin icip-icip, saya menyempatkan diri untuk menyambangi salah satu tempat makan pisang ijo, yaitu Pisang Ijo Ala'din di Jalan Ternate.

Ternyata pisang ijo itu, pisang yang dibalut dengan kulit tepung yang diberi pewarna hijau. Ada berbagai pilihan rasa yang dibedakan dari jenis vla. Mau vla duren, vla coklat, vla vanilla atau vla strawberry. Padahal aslinya, menurut pemilik pisang ijo Jalan Ternate, Galih, pisang ijo tidak menggunakan vla tapi sejenis bubur sumsum.

Di tempat ini, vla yang paling banyak diminta adalah vla coklat dan vla strawberry. Satu porsi pisang ijo terdiri dari satu buah pisang ijo yang diiris-iris tipis, lalu diguyurkan vla, taburi dengan kacang tanah, disusul taburan coklat meses dan yang terkahir adalah es batu.

Ah, dari tampilannya memang menggiurkan. Rasanya ternyata cukup enak dan segar. Kulit pisang ijo yang kenyal-kenyal berbaur dengan rasa pisang, lembutnya vla, kriuk-kriuknya kacang tanah dan ditambah kesegaran dari es. Satu porsinya pun cukup enteng hanya Rp 3.500.

Galih mengaku, saat bulan Ramadan lalu, penjualan pisang ijonya cukup laris manis. Kalau sehari-hari bisa menjual sampai habis sekitar 60 porsi. Sudahkah anda mencoba?

Malona Mardika said...

Belakangan ini cuaca di Ambon tak menentu (Mungkin tidak hanya di Ambon ya?). Kadang seharian hujan deras. Besoknya panas terik.

Beberapa hari kemarin rencana ketemu kolega terpaksa batal karena derasnya hujan.

Untunglah, dua hari ini cuaca lumayan bersahabat. Meski sempat turun hujan sebentar, namun sepanjang tadi, hawa panas lebih mendominasi.

Nah, di cuaca panas seperti ini, selalu muncul keinginan makan es.

Ada satu tempat di Ambon, yang aneka esnya cukup lezat. Namanya warung es Abang Jafar.

Menurut cerita orang Ambon yang umurnya sudah sepuh, warung es Abang Jafar ini sudah terkenal sejak tahun 1960-an.

Letaknya dari dulu sampe sekarang di tempat yang sawa. Depan Masjid Jami Ambon. Dan hanya buka dari jam 11-an sampai jam 4 atau 5 sore.

Abang Jafar sendiri sudah wafat. Usahanya kini dilanjutkan sang anak. Tapi cita rasanya masih tetap terjaga. Pokoknya mantap di lidah.

Menunya, ada es campur, es buah, es kacang dan es pisang ijo (hijau). Ya, menu yang terakhir inilah, yang jadi favorit saya di situ.

Pisang digulung lapisan hijau (terbuat dari adonan terigu yang diberi pandan untuk warna hijaunya), lantas diberi saos kental (dari adonan santan, gula dan tepung beras), dan diberi parutan es, serta sirup secukupnya. Semangkuk es ini, harganya Rp.5.000.

Nah, kalau Anda ke Ambon, jangan lupa mampir di warung es Abang Jafar ya. Dijamin Anda pasti ketagihan.

Ok, salam manis dari Ambon.

Hanifah said...

Es Pisang Ijo aslinya berasal dari Makassar. Saya baru coba sekali di Cisitu kemarin. Bahan utamanya adalah pisang yang dipotong2 dan diselimuti oleh semacam adonan tepung gitu berwarna hijau. Kamudian, diberi es batu, baluran vla coklat atau vanila atau strawberry (de el el), kacang, dan meses. Saya dan teman2 saya cuma suka yg rasa coklat, yg paling enak.

HerBlog said...

Membuat es pisang ijo melatih kesabaran. Tuuuh, pas kan kalo bikinnya di saat puasa? Ahahaha! :D
Pertanyaan: Kemaren pas bikin, waktu nyampur tepung beras yang kedua penuh dengan usaha, susah juga bikin jadi kalis, malah sebagian adonan mengerak di panci, duh-duh. Kenapa ya, kira-kira? Ada yang udah pernah sukses bikin es pisang ijo kah? :-I

Inoque said...

Pisang ijo kok mahal ya?

Buat yang kenal pisang ijo, kenapa ya harganya satu porsi bisa mahal gitu ya (6000 - keatas)? padahal bahan membuat psg ijo setahu gw ga mahal2 bgt ya...

HerBlog said...

Yup. Resep ini masih sodaraan sama Es Pallubutung. Walo sebenernya kalo ditilik-tilik ya beda juga, ternyata. Es Pisang Ijo ini lebih ribet pengerjaannya dibanding Pallubutung. Jadi pisangnya musti dibungkus adonan tepung berwarna hijau, baru setelah itu dikukus. Untuk saat ini, gue jaoh lebih milih pallubutung, mungkin karena belum ketemu aja tehnik mudahnya ya? :)

profiltokoh.com

ProfilUsaha.com

RM Rasa Kuring Sukawening

Follow by Email